Monday , 11 December 2017
Home » Culture » Menikmati keindahan Pulau Sangalaki

Menikmati keindahan Pulau Sangalaki

Ingin berlibur ketempat wisata yang menawarkan keindahan pantai dan alam bawah laut yang mempesona?. Ya, Pulau Sangalaki adalah pilihan yang tepat. Pulau yang terletak di kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur ini, luasnya hanya sekitar 15 hektar. Disini, para wisatawan dapat berkeliling pulau dengan berjalan kaki sambil menikmati keindahan pantai berpasir putih dan laut yang jernih. Disamping itu juga dapat  menyaksikan berbagai jenis satwa langka, diantaranya ketam kelapa, elang bondol, burung gosong yang biasa ada di Filipina, dan kuntul karang.

Di sepanjang pantai, wisatawan juga bisa menemukan berbagai jenis moluska (kerang) dalam berbagai bentuk dan warna. Pulau Sangalaki pun memiliki pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Terumbu karang disini diakui para wisatawan sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Alhasil, pulau ini sangat cocok bagi para penyuka diving dan snorkeling. Tutupan karang rata-rata Pulau Sangalaki adalah 26,75% untuk karang keras, dan 42,50% untuk karang hidup.

Gubernur Kalimantan Timur,  Awang Faroek Ishak mengakui Kepulauan Derawan merupakan tempat wisata terindah nomor dua setelah Raja Ampat, Papua. keindahannya tidak hanya dikenal dikalangan wisatawan domestik, melainkan telah memikat para wisatawan dunia.

Perjalanan menuju Pulau Sangalaki dapat ditempuh melalui jalur darat dan udara. Jarak tempuh perjalanan darat dari Samarinda menuju kota Tanjung Redeb sekitar 700 km. Jenis kendaraan yang dapat digunakan adalah mobil sewaan dengan biaya sekitar Rp. 3 juta untuk perjalanan pulang pergi dan bus berkapasitas 25 orang dengan harga tiket Rp. 125 ribu per orang. Waktu tempuh perjalanan sekitar 15-20 Jam. Musisiindonesia |Foto: Istimew

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *